Yuk! Mulai Jadikan Blog Sebagai Aset Online Anda

Meskipun masih banyak diantara masyarakat yang belum mengetahui dunia blogging, namun sudah sangat jelas bahwa ngeblog itu mampu dijadikan sebagai salah satu media untuk mendapatkan penghasilan secara online.

Sayangnya, blogger sendiri juga masih kurang menyadari betapa berharganya blog yang mereka miliki. Bahkan, meskipun hanya mampu mendapatkan 10 pengunjung per hari saja dari mesin pencari, bagi saya itu tetaplah berharga. Karena saya tidak pernah menyangka bahwa ternyata artikel yang kita publikasikan bisa saja bermanfaat bagi pihak lain (pembaca).

Anda sudah tahu dengan pasti bahwa artikel Anda itu dicari oleh pembaca. Lewat ketikkan jari Anda, Anda berkontribusi untuk memberikan informasi dan juga pengetahuan bagi pihak lain. Dari pengetahuan tersebut, bisa saja orang yang membacanya kemudian mempraktekkannya dalam kehidupannya dan ternyata sangat membantu.

Tidakkah itu berharga bagi Anda?

Sayangnya, selalu ada yang mengharapkan keuntungan dalam waktu singkat. Bahkan, saya berani mengatakan itu adalah kerugian. Di beberapa grup facebook yang saya ikuti, blog yang bahkan sudah mencapai puluhan artikel atau bahkan ratusan, dijual dengan harga 50ribuan.

Entah kondisi si penjual blog ini memang benar-benar membutuhkan uang untuk makan atau lainnya atau sekedar ingin mengisi pulsa saja.

Disisi lain, banyak marketplace yang menawarkan blogger pekerjaan untuk menulis di blog dan memberikan backlink ke situs klien. Minimal, setidaknya bisa bernilai 50 ribu 1 artikel dengan backlink tersebut.

Bagi saya pribadi, ini salah satu tanda bahwa blog Anda itu berharga dan dicari oleh banyak klien. Yang penting Anda tahu dimana para klien tersebut berada.

Selain itu, bukankah blog itu sendiri bisa Anda wariskan?

Hehehe. Mungkin terdengar aneh. Namun melihat potensinya yang sangat besar, maka tentu ini juga memiliki nilai yang tidak kalah berharganya dibanding tanah warisan, uang dan lain sebagainya. Jika blog Anda saat ini belumlah menghasilkan, silahkan terus berusaha.

Kita terkadang terlalu berharap berlebihan hingga kita menganggap bahwa blog itu tidak berharga sama sekali. Kita berharap bahwa bisa mendapatkan ribuan pengunjung perhari, namun kecewa karena faktanya tidak demikian.

Kita kemudian menganggap bahwa blog itu tidak bernilai. Cek percek, ternyata kita tidak mengoptimasi blog secara maksimal, ternyata kita hanya menulis seadanya saja sementara blogger lain menulis sesuatu yang benar-benar berkualitas bagi banyak pihak lain.

Artinya, bukan blognya yang tidak berharga, namun kitanya yang malas untuk meningkatkan kualitas kita sendiri. Kita malas untuk menulis banyak kata, kita malas untuk meriset kata kunci yang banyak pencarinya, kita malas untuk mencari backlink dan seterusnya.

Blog itu sangat berharga. Apalagi jika Anda mampu membuat banyak dan mengisinya dengan banyak artikel juga. Suatu saat nanti, jika Anda memiliki cukup dana untuk membuat situs yang super keren, maka blog-blog yang tadinya Anda buat sebelumnya bisa menjadi sumber backlink utama Anda.

Bahkan, jika Anda membuka jasa backlink pun akan sangat memungkinkan.

Dari sana, Anda akan mendapat banyak sumber penghasilan baik dari jaringan periklanan, jasa backlink dan sebagainya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda tidak perlu lagi mencari pekerjaan ketika lulus kuliah. Cukup ngeblog saja karena sudah terbukti menghasilkan.

Oleh karena itu, jangan cepat tergiur untuk menjual blog Anda jika memang bukanlah untuk memenuhi kebutuhan yang begitu mendesak. Namun, mulailah untuk menganggap bahwa blog-blog Anda sebagai aset online Anda kedepannya. Berharga dan juga berpeluang menjadi bisnis Anda di masa depan.

Baca juga: Strategi Memperbanyak Konten Blog Dengan Menulis Setiap Hari

Tetap semangat!

Comments