Cara Agar Tetap Bisa Menulis di Blog Setiap Hari

Saya termasuk orang yang menganggap bahwa menulis di blog harus kita latih selama mungkin. Kalau bisa dilakukan setiap hari, semakin bagus. Tapi jangan hanya membatasi diri bahwa Anda hanya bisa melakukannya di blog Anda saja, menuliskannya di blog atau situs orang lain pun sah-sah saja selama hal itu memungkinkan.

Dengan menulis di blog orang lain (guest post), maka bisa saja Anda akan mendapatkan backlink berkualitas. Reputasi Anda juga bisa meningkat dan semakin banyak yang akan mengenal Anda karena menulis di situs dengan banyak pembaca.

Istilahnya, nebeng populer-lah.

Namun, Anda baiknya membangun reputasi Anda terlebih dahulu di blog milik Anda sendiri. Selain agar banyak konten yang disajikan, juga akan berpeluang untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Sebelumnya, saya menuliskan tentang strategi memperbanyak konten blog dengan menulis setiap hari. Silahkan dikunjungi dan ambil manfaatnya jika memang ada.

Pada artikel tersebut, saya akui bahwa belum banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menyajikan konten harian. Belum ada langkah-langkah yang dibicarakan secara khusus untuk Anda lakukan. Oleh karena itu, saya akan membahasnya dalam artikel ini.

Cara agar tetap bisa mempublikasikan konten di blog setiap hari

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah merencanakan berapa lama Anda ingin menantang diri Anda sendiri untuk menulis setiap hari. Bagi saya ini penting karena Anda akan melakukannya secara terus-menerus (setiap hari) hingga hari terakhir tantangan ini.

Kemudian baru bisa Anda nilai diri Anda sendiri apakah akan mampu melakukannya atau tidak.

Untuk waktu tercepat, saya sarankan Anda untuk melakukannya selama seminggu (7 hari) sedangkan waktu terlama adalah 3 bulan. Mengenai kenapa 3 bulan, saya merasakan bahwa rata-rata blog sudah cukup dengan waktu tersebut untuk mendapatkan banyak pengunjug.

Batas waktu akhir bisa saja saya katakan hingga selamanya, namun tentu hal itu terlalu mustahil. Jadi, minimal paling lama 3 bulan saja. Dalam waktu tersebut, setidaknya Anda akan mendapatkan jumlah artikel sebanyak 900 artikel bukan? Dengan asumsi bahwa setiap bulan terdiri dari 30 hari.

Wah, banyak sekali ya nantinya artikel di blog Anda.

Langkah kedua ketika Anda sudah menetapkan waktu untuk menulis setiap hari adalah dengan melakukan riset kata kunci dan membuat judul artikel berdasarkan kata kunci tersebut.

Pada artikel sebelumnya saya menanyakan apakah Anda akan mampu membuat 30 judul artikel? Hal ini akan menjadi tantangan pertama untuk Anda lewati. Anda tidak perlu melakukannya dalam satu waktu dalam membuat judulnya meskipun hal itu sangat saya rekomendasikan. Pertimbangkan saja kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.

Saran saya, dalam satu bulan menulis nantinya, judul artikel harus Anda selesaikan dalam waktu maksimal 2 hari. Entah Anda akan melakukan riset kata kunci atau tidak, bagi saya relatif. Bisa Anda lakukan, bisa juga tidak diikuti. Yang penting, Anda membuat judul artikel yang Anda rasa mudah untuk menuliskannya.

Ingat, Anda akan melakukannya secara terus-menerus selama mungkin 3 bulan. Jadi, jangan aneh-aneh mau menulis yang super sulit dan Anda anggap akan banyak menyita waktu.

Hal ketiga adalah dengan memanfaatkan hp untuk menulis.

Meskipun Anda memiliki laptop atau PC, jangan sekali-sekali meremehkan hp Anda sendiri. Hp bisa kita bawa kemana-mana. Terkadang, sambil menunggu saat memesan makanan, Anda bahkan bisa mencuri waktu tersebut dengan menulis 1 paragraf atau sekedar beberapa kalimat.

Bahkan, saya juga sering menulis menggunakan hp hingga 1 artikel utuh dan itu sering saya lakukan di sela-sela waktu kosong. Kadang juga sering dilanda malas untuk menulis di laptop. Dan ketika menggunakan hp, semangat saya terkadang lebih tinggi.

Jadi, manfaatkan dengan baik sumber daya Anda termasuk hp yang Anda miliki. Hal ini juga berguna untuk mengusir kebosanan menulis di laptop seperti yang saya rasakan. Jadi bisa menjadi pembeda dan juga mampu menimbulkan mood yang positif.

Tahap ke-4 dan juga yang terakhir yang bisa saya sampaikan adalah buatlah kalender konten.

Iya, benar. Anda kan sudah menentukan untuk berapa lama Anda akan menulis setiap hari dan Anda juga sudah selesai membuat judul artikelnya. Maka hal terkahir agar Anda tetap konsisten adalah dengan membuat jadwal menulis, editing dan publikasi.

Minimal, Anda memiliki jadwal menulis. Tidak perlu sampai mendetail misalnya jam berapa Anda akan mulai menulis. Cukup dengan menetukan tanggal/hari dan memasukkan informasi mengenai judul artikel.

Aplikasi kalender di hp yang ada saat ini sudah sangat memungkinkan untuk Anda memasukkan jadwal dan juga berbagai kegiatan di semua tanggal yang ada. Jadi, pastikan Anda memasukkannya dan jadikan sebagai pengingat jadwal Anda sendiri.

Apalagi kalau aplikasi kalender di hp kan bisa jadi alarm. Pada tanggal tertentu, jika ada kegiatan khusus, Anda bisa mengaturnya untuk memunculkan notifikasi.

Sekian cara agar tetap bisa menulis di blog setiap hari ini. Jika ada pertanyaan, silahkan langsung komen saja.

Comments