Sudah Tahu Berapa Biaya Pasang Iklan di Facebook dan Instagram?

Rubin055 - Pemasangan iklan online memiliki banyak tujuan. Satu dari sekian banyak yang ada adalah untuk menjangkau lebih banyak audiens agar informasi maupun bisnis yang diiklankan bisa dilihat oleh banyak pengguna. Salah satu tempat untuk melakukannya adalah menggunakan jaringan periklanan media sosial dimana dua yang paling populer diantaranya adalah Facebook dan Instagram. Jika Anda penasaran berapa biaya yang harus dikeluarkan, maka saya akan memberitahu Anda berdasarkan pengalaman dalam menggunakannya.

Berapa biaya pasang iklan di Facebook dan Instagram?

Hal yang perlu Anda ketahui untuk beriklan di Facebook dan Instagram adalah Anda lebih baik membuat halaman (fanpage) Facebook terlebih dahulu. Hal ini agar iklan Anda berjalan secara maksimal dan juga bisa untuk memasang iklan di Instagram karena kedua media sosial tersebut saling berkaitan. Mungkin karena pemiliknya adalah 1 perusahaan dimana Facebook sudah membeli Instagram beberapa tahun yang lalu.

Biaya pemasangan iklan di Facebook dan Instagram

Jika Anda sedang menjalankan bisnis online apapun, ada baiknya Anda mempertimbangkan mengenai pemasangan iklan di Facebook dan Instagram ini karena cukup terjangkaunya biaya yang harus dikeluarkan.

Baik itu Facebook maupun Instagram, telah ditentukan bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan iklan bersifat harian. Anda harus menentukan berapa budget per hari untuk memasang iklan.

Facebook dan Instagram sendiri telah menetapkan bahwa dana minimal yang diperlukan untuk memasang iklan di kedua media sosial tersebut adalah minimal Rp. 10.000,- per hari.

Jika Anda baru akan belajar cara menggunakan atau memasang iklan di Facebook maupun Instagram, saya sarankan Anda memiliki minimal dana Rp. 50.000,- untuk beriklan selama 5 hari. Hal ini akan dimanfaatkan untuk memberikan Facebook dan Instagram kesempatan untuk mempelajari iklan Anda dan juga Anda sendiri untuk mempelajari penargetan pasar atau audiens yang dibutuhkan dalam menjangkau mereka.

Juga untuk melihat apakah setelah iklan Anda sudah sesuai atau ada yang harus dirubah dan lain sebagainya.

Selain waktu 5 hari untuk mengetes pemasangan iklan tersebut, jika Anda mampu melakukannya selama 1 atau 2 minggu kedepan, maka akan lebih baik lagi untuk menjangkau lebih banyak pemirsa dan menilai efektifitas pemasangan iklan tersebut apakah sudah sesuai dengan yang Anda butuhkan atau belum.

Karena terkadang dalam hal pemasangan iklan, 1 jenis tampilan iklan (adcopy) saja belum tentu bisa maksimal hingga dibutuhkan lebih dari itu untuk melihat kampanye iklan yang mana yang lebih baik dibanding lainnya.

Pengalaman saya sendiri sebelumnya, saya menggunakan dana sekitar 60 ribu dalam 6 hari untuk memasang iklan di Facebook. Dan hasil yang didapatkan adalah bisa menjangkau lebih dari 3 ribu orang secara online.

Untuk bisa menjangkau orang sebanyak itu, tentu saja akan sangat membantu suatu bisnis dalam memperkenalkan diri dan menginformasikan mengenai produk apa yang dijual. Dan menurut saya, biaya dalam 6 hari tersebut sangat murah dimana untuk jumlah konsumen yang sama, saya belum tentu mampu menjangkau sebanyak itu jika tanpa adanya iklan.

Baca ini: Hubungan Antara Jejaring Sosial Dengan Dunia Blog

Jika Anda bisa menjalankan bisnis dengan keuntungan 1 jutaan saja per bulan, saya kira Anda benar-benar harus mempertimbangkan pemasangan iklan ini karena menurut saya bisa cukup membantu perkembangan bisnis kedepannya.

Apalagi untuk kebanyakan bisnis yang ada, biasanya semakin banyak menjangkau konsumen, semakin besar pula peluang untuk bisa berkembang.

Jadi gimana? Tertarik untuk mengeluarkan sedikit biaya agar bisa memasang iklan baik di Facebook maupun Instagram?

Comments