Hubungan Antara Jejaring Sosial Dengan Dunia Blog

Jejaring sosial atau yang sering disebut sebagai media sosial di internet ternyata memiliki hubungan yang cukup bahkan bolehlah dikatakan sangat erat dengan dunia blog. Hubungan ini bukanlah sekedar asumsi namun fakta yang sudah banyak blogger membuktikannya.

Bahkan, bisa dibilang bahwa pemilik blog dan juga penulis online lainnya seolah tidak bisa melupakan dan tidak memanfaatkan keberadaan berbagai situs jejaring sosial yang ada. Jejaring sosial yang saya maksudkan adalah seperti facebook, twitter, instagram dan masih sangat banyak lagi. Tapi kalau yang populer, sepertinya itu-itu saja dan beberapa yang lainnya yang tidak saya sebutkan.

Lalu, apa hubungan nyata antara pemilik blog dan juga jejaring sosial ini?

Banyak yang sudah percaya dan juga membuktikan bahwa dengan memanfaatkan jejaring sosial, maka akan ada saja tambahan pengunjung atau pembaca ke blognya sendiri. Caranya adalah dengan membagikan link dari blog atau artikelnya, misalnya dibagikan di Facebook.

Ketika teman-temannya melihat link tersebut dan menarik atau membantu bagi mereka, maka akan di klik sehingga menuju alamat online tersebut. Jadi, akan ada tambahan pengunjung memang. Apalagi, katanya bahwa mendapatkan pengunjung blog itu susah-susah mudah. Kadang susah, kadang juga mudah.

Tergantung cara dan strategi masing-masing. Dan salah satu caranya adalah dengan membagikan link artikel di blog ke media sosial.

Dan ternyata, pengunjung itu sendiri semakin banyak semakin bagus. Bahkan seolah akan menjadi aset yang sangat berharga bagi blog tersebut. Semakin banyak pengunjung, maka akan ada beberapa manfaat yang didapatkan. Penulis blog bisa semakin dikenal karena tulisannya, blognya akan direkomendasikan oleh blog lain, artikelnya akan semakin berpeluang untuk dibagikan oleh pembaca dan sebagainya.

Jadi intinya, hubungan erat antara jejaring sosial dan dunia blog ini adalah bagaimana memanfaatkan media sosial yang ada dimana kita aktif disana untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Dan itu salah satu tujuannya saja. Mungkin ada lagi manfaat lainnya namun belum saya ketahui.

Namanya juga pemula, jadi belum banyak tahunya.

Tapi, setidaknya saya jadi paham bahwa mendapatkan pengunjung itu bisa dilakukan dengan berbagai macam strategi.

Apalagi jika saya sendiri ingin agar blog gado-gado yang saya kelola ini sukses. Jadi harus tahu banyak cara untuk menyukseskannya. Oleh karena itu, saya tidak hanya boleh aktif di media sosial untuk lihat status teman-teman, namun juga sesekali bolehlah untuk menyebarkan link dari blog ini agar ada pembacanya.

Artikel pertama saya tentang blog gado-gado juga bisa sukses, harus bisa saya terapkan startegi ini. Dan kalau saya pikir kembali, pantas saja banyak portal berita nasional yang sering membagikan link beritanya di facebook. Mungkin, itu juga salah satu teknik mereka dalam memperbanyak pengunjung situsnya.

Sukses tidaknya kedepan untuk blog ini saya tidak tahu-menahu. Yang saya tahu, kesuksesan itu butuh usaha, dan usaha membutuhkan strategi yang ampuh untuk bisa mencapai target yang saya inginkan.

Saya yakin bahwa jika saya pun akan membagikan link artikel blog ini ke media sosial, maka akan ada 1 atau 2 orang yang mengunjunginya. Lumayan kan untuk blog baru yang dibuat?

Maka dari itu, jika anda juga baru memiliki blog sama halnya dengan saya, yuk share tulisannya di facebook, twitter dan sebagainya. Bisa jadi, usaha itu juga akan membantu kita untuk lebih semangat lagi menulis di blog.

Comments